fbpx
Trap Tangga Marmer

Marmer Dan Granit, Kenali Perbedaannya Sebelum Menggunakan

Apakah Anda masih bingung dengan perbedaan marmer dan granit? Sebenarnya, kedua material bangunan tersebut punya ketidaksamaan yang cukup signifikan. Perbedaan yang ada bisa dilihat dari berbagai segi dan hal tersebut wajib Anda ketahui sebelum nantinya memutuskan untuk menggunakan material bersangkutan. Dengan mengetahui detail karakteristiknya, kita bisa lebih yakin untuk pilih marmer ataukah granit.

Interior dan pahatan dari marmer

Pengertian Marmer

Marmer merupakan bebatuan kristalin kasar yang berasal dari batu kapur atau batu dolomit. Batu ini sudah banyak dimanfaatkan untuk beragam keperluan seperti lantai, dinding, dekorasi, furniture dan lainnya.

Sudah sejak lama marmer disukai oleh banyak orang karena tampilannya yang mewah dan berkelas. Sekalipun dijual dengan harga mahal, tak menyurutkan minat para penggemar untuk membeli material satu ini. Bagaimana dengan Anda?

Granit untuk countertop dapur

Pengertian Granit

Granit adalah batuan felsik, intrusif dan igneus yang berukuran besar dan kuat. Termasuk batuan beku yang sangat populer dari panas magma yang telah dingin. Ketika diproses jadi bahan yang bisa digunakan untuk lantai, granit khas dengan motif titik-titik kecil. Motif tersebut terbentuk secara alami tanpa sentuh tangan dari manusia.

Daftar Perbedaan Marmer Dan Granit

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa perbedaan yang terlihat pada granit dan juga marmer, yaitu:

  1. Marmer merupakan batuan yang terbentuk karena proses metamorfosis panjang. Sedangkan granit adalah batuan beku yang berasal dari pendinginan magma cair. Masing-masing proses memakan waktu yang sangat lama sehingga membuat tekstur kedua material tersebut kuat dan kokoh.
  2. Daya tahan batu granit di atas marmer sebab punya pori-pori yang lebih sedikit. Jadi tahan lebih lama dan tidak cepat kusam. Dari segi kekuatan menunjukkan kalau granit lebih kuat.
  3. Granit lebih tahan terhadap asam, panas, gores dan retakan, sehingga bahan ini sering digunakan untuk material counter top dapur.
  4. Granit mempunyai motif bintik-bintik kecil dan didominasikan warna gelap sedangkan marmer memiliki corak yang terbentuk dari alur guratan dan mempunyai pilihan warna yang lebih bervariasi. Bentuk guratannya yang tak beraturan ini menjadi salah satu keunikan dari lempengan marmer itu sendiri.
  5. Karena pori-porinya yang lebih banyak, marmer lebih mudah menyerap air dibandingkan granit.

Perbedaan di atas menunjukan bahwa marmer cocok digunakan untuk lantai dan dinding interior dikarenakan warnanya yang bervariasi serta motifnya yang mewah nan elegan, sedangkan granit cocok untuk digunakan sebagai countertop dapur, terutama dapur basah/kotor, dan juga lantai atau dinding eksterior sebab kekuatan dan ketahanannya. Perbedaan yang paling menonjol adalah dari tampilan permukaan lempengan marmer yang lebih dominan berupa guratan-guratan, sedangkan granit memiliki motif berupa titik-titik yang tersebar tak beraturan.

Harga marmer dan harga granit, mana yang lebih mahal?

Melihat perbedaan antara kedua batuan tersebut, manakah yang lebih mahal? Granit ataukah marmer? Soal harga sebetulnya relatif karena harga tergantung dari tipe granit atau marmer tersebut, ada tipe yang lebih mahal, ada juga yang cenderung lebih murah.

Marmer dan granit terkenal dengan kualitas dan daya tahannya. Sekalipun dibandrol mahal, rupanya tak membuat para pembeli mundur. Ini karena kualitas dari material tersebut sudah tidak diragukan lagi yang bisa bertahan dalam jangka panjang.

Hadirkan kemewahan di rumah Anda, segera hubungi kami melalui tombol Whatsapp (+6281514701936) di kanan bawah, kami selalu siap memberikan berbagai masukan untuk mengaplikasikan marmer atau granit dengan harga yang terjangkau di rumah, kantor, gedung atau apapun properti yang Anda miliki.

    Leave Your Comment

    Your email address will not be published.*

    Need Help? Chat with us